SELAMAT DATANG DI
MATA KULIAH MUTU LAYANAN KEBIDANAN
TINGKAT III SEMESTER V PRODI D III KEBIDANAN
Semester Ganjil 2020/2021 – 2 SKS
Selamat Datang para mahasiswa di mata kuliah Mutu Layanan Kebidanan untuk semester 5. Anda akan belajar di mata kuliah yang terdiri atas teori dan praktik. Anda harus selalu mengunjungi situs ini dan mengikuti semua aktivitas yang telah dirancang dalam setiap minggu. Anda dapat memperoleh materi-materi kuliah pokok dan materi pengayaan. Anda dapat mengakses tugas-tugas, soal ujian, soal latihan serta mengirimkan jawaban anda kepada dosen. Anda dapat berinteraksi dengan dosen maupun teman mahasiswa lainnya melalui forum, chat, dan e-mail. Selamat Belajar.
Koordinator Mata Kuliah :
Ni Ketut Noriani, S.Si.T.,M.Kes (0817356934)
Tim Dosen :
1. Ni Ketut Noriani, S.Si.T.,M.Kes
2. Ni Kadek Neza Dwiyanti, S.Tr.Keb.,M.Kes
Deskripsi MK :
Mutu pelayanan kebidanan merupakan mata ajar yang mengajarkan bagaimana tenaga kesehatan khususnya bidan mampu memberikan mutu pelayanan yang berkualitas serta bagaimana cara meningkatkan mutu pelayanan sehingga derajat pelayanan kesehatan di Indonesia bisa meningkat.Kegiatan pembelajaran meliputi kuliah dan diskusi kasus.
Capaian Pembelajaran (Kompetensi MK):
Setelah mengikuti mata ajar ini peserta didik mampu :
1. Konsep dasar mutu pelayanan kesehatan dan kebidanan
2. Standar mutu pelayanan kebidanan
3. Monitoring pencapaian mutu hasil kerja dalam pelayanan kebidanan
4. Metode peningkatan mutu pelayanan kebidanan
5. Mengelola pelayanan kebidanan ditingkat pelayanan kesehatan primer
6. Kebijakan pemerintah dalam bidang kebidanan
7. Memahami konsep dasar mutu pelayanan kesehatan dan kebidanan
8. Memahamistandar mutu pelayanan kebidanan
9. Melakukan monitoring pencapaian mutu hasil kerja dalam pelayanan kebidanan
10. Memahami metode peningkatan mutu pelayanan kebidanan
11. Memahami tentang mengelola pelayanan kebidanan ditingkat pelayanan kesehatan primer
12. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang kebidanan
Cara Belajar:
Setiap minggu anda harus mendownload dan mempelajari bahan ajar baik berupa slide PowerPoint maupun bahan pengayaan lain serta mengerjakan berbagai aktivitas. Aktivitas dari minggu ke minggu bisa berbeda yakni antara lain: perkenalan, diskusi, refleksi, quiz, tugas, chat dan lain-lain. Pada saat praktikum kerjakan kegiatan praktik sesuai yang direncanakan pada minggu yang bersangkutan.
Buku Teks:
1. Kholifah, S.N. 2016. Mutu Layanan Kebidanana dan Kebijakan Kesehatan. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan
2. Nurmawati. 2010. Mutu Pelayanan Kebidanan. Jakarta: CV. Trans Info Media
3. Sondakh, J., Marjati, Cahyani, T.I. 2013. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika
4. Sriyanti, C. 2016. Mutu Layanan Kebidanana dan Kebijakan Kesehatan. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan
5. Tando, N.M. 2013. Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan. Jakarta: In Media.
6. Ayuningtyas. 2014. Kebijakan Kesehatan Prinsip dan Praktik. Jakarta:Rajawali Pers
7. Prosiding: Seminar Nasional dan Publikasi Ilmiah bagi Bidan dan Perawat. 2016. “Kontroversi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Terhadap Kewenangan Bidan Mandiri. Semarang: STIKES Karya Husada Semarang
8. Kemenkes. 2017. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2017 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktek Bidan. Jakarta: Kemenkes
- Teacher: Ni Kadek Neza Dwiyanti
- Teacher: Ni Ketut Noriani